Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Syarat, Cara dan Fasilitas TabunganKu BCA yang Murah dan Mudah

Cara Membuat Tabunganku BCA



Dahulu manusia sudah terbiasa dengan menyimpan bahan makanan pada saat musim panen dimana hasil pangan melimpah agar nanti di saat musim paceklik tiba mereka masih bisa melangsungkan kehidupan mereka tanpa kekurangan makanan.

Kini kegiatan menyimpan pun masih dilakukan oleh manusia. Tetapi bedanya adalah manusia tidak hanya menyimpan bahan makanan tetapi juga menyimpan berbagai barang yang dianggap penting dalam kehidupannya. Salah satunya adalah menyimpan uang.

Kegiatan menyimpan uang telah mengalami perkembangan yang semula adalah menyimpan di rumah menjadi menabung di suatu tempat yang disebut bank. Menabung uang adalah salah satu kegiatan yang kini menjadi trend dan sudah merupakan hal penting bahkan juga menjadi suatu prestise.

Salah satu bank di Indonesia yang telah banyak dipercaya oleh para nasabahnya adalah Bank Central Asia atau disingkat dengan BCA. Sebelum dibahas mengenai produk-produk tabungan yang ada di BCA, ada baiknya mengetahui info sekilas tentang BCA.

Sekilas tentang BCA

Tabungan BCA Banyak Macamnya


BCA berdiri sejak tahun 1957 tepatnya pada tanggal 14 maret dengan adanya ijin melakukan usaha bank sesuai Surat Keputusan dari Menteri Keuangan RI. Kantor Pusat BCA berada di Menara BCA, Grand Indonesia, Jl. MH Thamrin No. 1, Jakarta.

Kini BCA telah memiliki 16 juta rekening nasabah dengan 1.225 kantor cabang, dan telah memiliki 17.314 mesin ATM juga telah memiliki lebih dari 460 ribu mesin EDC.

BCA mempunyai moto “Senantiasa di Sisi Anda” yang maksudnya adalah BCA selalu mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan keandalan dalam memberikan layanan finansial bagi seluruh nasabahnya.

Sebagai lembaga perbankan terbesar di Indonesia, bank BCA juga menyediakan fasilitas perbankan seperti pinjaman, tabungan, giro, deposito termasuk fasilitas lainnya yang dipergunakan untuk mempermudah transaksi. 

Salah satu fasiltias produk simpanan bank BCA adalah Tabunganku. Jenis simpanan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan jumlah angka nasabah yang menabung di bank. Melalui beberapa bank di Indonesia, pemerintah Indonesia meluncurkan produk tabunganku yang bebas biaya administrasi bulanan serta setoran awal yang sangat murah.

Produk TabunganKu BCA


TabunganKu adalah salah satu jenis produk simpanan Bank BCA. Tabunganku adalah jenis tabungan yang dikhususkan untuk nasabah perorangan. Diterbitkan sejak 20 Februari 2010 pada 70 bank nasional dan pembangunan daerah di Indonesia. Untuk menumbuhkan dan meningkatkan budaya nabung produk BCA yang satu ini hadir untuk mensejahterakan masyarakat. Ini merupakan program pemerintah yang diluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kelebihan dan Kekurangan Produk TabunganKu BCA



Produk tabunganKu BCA memiliki keuntungan dan kekurangan, berikut penjelasan selengkapnya.

Keuntungan Produk TabunganKu BCA


Nasabah mendapatkan banyak keuntungan dari produk ini, yakni sebagai berikut.
  • ·       Tidak harus berusia dewasa;
  • ·      Hanya dengan biaya Rp. 20 ribu untuk setoran awal dan Rp 10 ribu untuk setoran selanjutnya;
  • ·      Tidak dikenakan biaya administrasi bulanan;
  • ·      Suku bunga yang akan Anda dapatkan sesuai dengan saldo tabungan yang dimiliki;; mendapatkan buku TabunganKu sebagai bukti kepemilikan dan fasilitas kartu TabunganKu untuk informasi saldo, tarik tunai, transfer dan penggantian PIN;
  • ·  Pembuatan buku dan kartu ATM pertama maupun pengajuan ganti baru sama-sama tidak dipungut biaya; 
  • ·     Kartu ATM dapat digunakan di ATM BCA seluruh Indonesia dan memiliki limit penarikan tunai sebesar Rp 7.000.000 per hari.

Kekurangan TabunganKu BCA

Selain beberapa keuntungan di atas, nasabah juga memiliki keterbatasan ketika memiliki jenis tabungan ini yang penting untuk perlu diketahui yaitu sebagai berikut.
  • ·         Rekening hanya dapat dibuka dengan rupiah;
  • ·         Nasabah yang hanya merupakan WNI dan perorangan;
  • ·         Nasabah tidak bisa membuka akun join rekening;
  • ·         Setiap nasabah hanya boleh membuka 1 rekening, kecuali pembukaan rekening perwalian untuk kepentingan anak di bawah umur;
  • ·         Hanya dapat melakukan transaksi 4 kali debet per bulan, jika lebih akan dikenakan biaya;
  • ·         Karena tidak mendapatkan ATM maka fitur untuk tarik tunas, cek saldo, setoran dan transfer hanya bisa dilakukan di kantor cabang BCA dan juga ATM BCA saja;
  • ·         Tidak dapat melakukan transaksi pada fasilitas e-banking; rekening menjadi tidak aktif apabila dalam waktu 6 bulan berturut-turut tidak ada transaksi apapun.

Syarat Membuka Rekening Tabunganku BCA
Bagi calon nasabah yang ingin membuka rekening TabunganKu BCA, persyaratannya adalah sebagai berikut:
Kelompok Umur
Dokumen
Orang Dewasa Minimal 17 tahun
·  Membawa kartu identitas seperti KTP/SIM/Paspor dan juga NPWP
Orang Belum Dewasa namun sudah tidak diwakilkan orang tua berusia 12 hingga 17 tahun

·  Bisa membawa Kartu Pelajar ataupun Surat Keterangan yang berasal dari Sekolah
·  Membawa Identitas Diri dari salah satu Orang Tua baik berupa KTP atau SIM atau Paspor dan juga NPWP
·  Membawa surat persetujuan dari salah satu Orang Tua untuk membuka rekening
·  Mengisi   Formulir yang berisi data Nasabah yakni salah satu orang tua
Orang Belum Dewasa atau masih diwakili orang tua usia kurang dari 12 tahun
·  Membawa Akte Kelahiran Anak atau jika tidak Anda bisa membawa Kartu Keluarga  saja
·  Identitas Diri salah seorang orang tua boleh menggunakan KTP atau SIM atau Paspor dan juga NPWP

Catatan:
o   Bila nasabah akan membuka rekening TabunganKu BCA tanpa NPWP maka dipersilahkan mengisi Formulir Pernyataan Tidak Memiliki NPWP yang terdapat di kantor cabang bank BCA
o   Bila nasabah akan membuka rekening TabunganKu BCA dengan KTP dari luar kota maka dipersilahkan memberikan surat domisili daerah tempat tinggal nasabah atau surat keterangan bekerja dari perusahaan tempat bekerja nasabah.
o   Lebih baik bagi nasabah untuk memilih kantor cabang BCA yang sesuai dengan domisili KTP agar tidak perlu membawa dokumen syarat buka rekening BCA dengan KTP luar kota

Tata Cara Membuka Rekening TabunganKu BCA

Membuat Rekening Tabungan BCA

Ketika calon nasabah ingin membuka rekening BCA, maka nasabah tersebut dapat melakukannya secara online via aplikasi KlikBCA  atau eBranch BCA maupun offline di kantor cabang. Tapi tidak semua jenis tabungan BCA bisa dibuka via online antara lain produk TabunganKu, Tahapan Gold, LAKU, dan Simpanan Pelajar.
Langkah-langkah dalam membuka rekening TabunganKu adalah sebagai berikut.
  1. ·         pertama, calon nasabah mendatangi kantor cabang BCA terdekat, kemudian mengambil nomor antrian untuk ke petugas CS.
  2. ·         Kedua, setelah nomor antrian dipanggil oleh petugas CS, nasabah mengatakan maksudnya untuk membuka rekening TabunganKu, lalu petugas CS akan memberitahukan persyaratan yang harus dipenuhi dan bila calon nasabah telah membawanya lengkap maka akang langsung disetujui oleh petugas CS untuk membuka rekening TabunganKu yang kemudia akan menjelaskan beberapa hal terkait rekening TabunganKu BCA.
  3. ·         Ketiga, petugas CS membuatkan buku tabungan dan kartu ATM TabunganKu untuk nasabah. Kemudian akan diminta untuk membuat PIN ATM  sebanyak 6 digit, serta menandatangani buku tabungan, kartu ATM dan formulir permohonan. Setelah selesai menandatangani, artinya rekening TabunganKu BCA siap digunakan oleh nasabah sesuai kebutuhan.

Fasilitas kartu ATM TabunganKu BCA


 Jenis Transaksi
 Besar Limit
Setoran Awal
Minimal sebesar Rp 20.000
Setoran Selanjutnya
Minimal sebesar Rp 10.000
Saldo Minimal
Rp 20.000
Tarik Tunai
Maksimal sebesar Rp 7.000.000/per hari dan saldo yang tersisa di rekening minimal Rp 20.000, kecuali nasabah melakukan penutupan rekening. (Minimal penarikan di kantor cabang sebesar Rp 100.000)
Transfer antar rekening BCA
Maksimal sebesar Rp 25.000.000/per hari

Itulah informasi mengenai syarat, cara dan fasilitas TabunganKu BCA. Segera buka rekening di produk TabunganKu BCA sekarang juga. Semoga bermanfaat, terimakasih.