Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi dan Tabungan Emas Di Pegadaian Laris Manis Menguntungkan

tabungan emas pegadaian

Investasi emas memang dikenal memiliki tingkat risiko kerugian yang minim dan akan memberikan keuntungan bagi para investornya, karena dari waktu ke waktu memang harga emas selalu mengalami peningkatan. Hal inilah yang membuat munculnya produk investasi emas di pegadaian.
Ketika anda membeli sendiri emas batangan maka resiko yang dihadapi lebih tinggi dibandingkan dengan ketika anda berinvestasi emas di pegadaian, karena investasi emas di pegadaian emasnya tetap berada di pegadaian anda memiliki buku catatannya saja mengenai jumlah emas yang telah anda miliki sampai hari ini.

Investasi Emas Di Pegadaian

Melakukan investasi sama halnya dengan menabung, kemudian hal ini dikembangkan oleh pegadaian dan sekarang terbentuklah tabungan emas pegadaian produk ini dapat memudahkan seluruh lapisan masyarakat memiliki emas batangan, adapun caranya yaitu:
 Melakukan Survey
Ada baiknya sebelum melakukan investasi baik itu investasi emas di pegadaian ataupun tempat lainnya anda harus melakukan survey terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk mengetahui keadaan serta harga emas pada hari itu.
Hal ini dilakukan agar anda sudah memiliki bayangan serta acuan, untuk menentukan langkah apa selanjutnya yang harus anda ambil jika menginginkan keuntungan yang besar dalam melakukan investasi emas ini.
2.      Sesuai Kemampuan
Artinya disini anda menginvestasikan emas di tabungan emas pegadaian sesuai dengan kemampuan yang anda miliki tanpa adanya paksaan yang dapat memberatkan anda di kemudian hari.
Karena di pegadaian juga disediakan berbagai macam berat emas batangan, dari mulai 5 gr sampai dengan 1 kg hal ini dilakukan agar semua masyarakat dapat sedikit demi sedikit menabung emas dan dikemudian hari memiliki emas batangannya.
3.      Melengkapi Persyaratan
Setelah anda yakin dan memiliki modal untuk berinvestasi emas di pegadaian, maka langkah selanjutnya adalah melengkapi segala macam persyaratan yang diperlukan agar anda bisa mengikuti program dari pegadaian ini.
Berkas ataupun persyaratan yang harus dilengkapi seperti mengisi formulir pendaftaran dan kartu indentitas contohnya adalah SIM, KTP serta passpor. Untuk ketentuan saldo minimal tabungan emas anda adalah seberat 0,1 gr.
4.      Biaya Administrasi
Selain setoran awal yang harus anda persiapkan, biaya administrasi juga harus anda persiapkan demi kelancaran ketika membuka rekening tabungan emas di pegadaian nantinya. Ketentuan besarnya biaya administrasi telah di tentuka oleh pegadaian sendiri.
5.      Jangka Waktu
Masyarakat yang melakukan investasi pastilah memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang besar, terlepas dari dimana anda berinvestasi. Dalam hal ini akan lebih baik jika anda berinvestasi tidak dalam jangka panjang di predksi akan merugikan anda.
Hal ini bisa terjadi karena harga emas dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan, jika anda berinvestasi dalam jangka panjang dengan cara menabung di produk tabungan emas pegadaian maka cicilan anda setiap bulannya.
6.      Membayar Secara Berkala
Setelah anda memiliki rekening di produk tabungan emas pegadaian maka langkah selanjutnya adalah membayar cicilannya secara berkala setiap bulan, selalu ingatlah dan segera sisihkan uang anda.
Jika terjadi keterlambatan membayar maka anda akan dikenakan hukuman seperti emas yang anda tabung selma ini dilelang, kemudian selanjutnya di potong 2% dan hasilnya nasabah akan menerima selisih harga emas.
7.      Lunas
Ketika anda telah lunas membayar setiap cicilan secara berkala maka emas akan diberikan 2 minggu setelahnya bahkan ada yang membutuhkan waktu satu bulan, maka jika hal ini terjadi pada anda jangan terlalu cemas.
Anda tidak perlu takut emas itu akan hilang selama anda masih mencicilnya dengan tepat waktu, karena emas anda akan disimpan dengan sangat baik oleh pihak pegadaian dan jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi maka itu menjadi tanggung jawab pegadaian.
Keuntungan Ketika Investasi Emas Di Pegadaian
Pegadaian sendiri merupakan badan usaha milik negara yang memiliki tujuan untuk menyelesaikan setiap permasalahan masyarakat tanpa mengundang masalah baru, seiring perkembangan jaman kini pegadaian membuka bisnis diantaranya adalah tabungan investasi emas. Adapun keuntungan dari melakukan investasi emas di pegadaian, yaitu :
1.      Fleksibilitas Serta Sekuritas Tinggi
Ketika anda mengikuti tabungan emas di pegadaian maka emas tersebut tidak akan diberikan sebelum lunas, dan emas tersebut pastinya ditempatkan pada tempat yang aman dan menjadi tanggung jawab pegadaian jika terjadi sesuatu.
Untuk melakukan pembayaran sangatlah fleksibel, anda bisa melakukannya secara berkala di tentukan ada yang mulai dari 3 bulanan sampai dengan jangka 36 bulan, hal ini ditentukan sendiri oleh para nasabah.
2.      Volatilitas Rendah
Emas sendiri memiliki harga yang terus meningkat setiap tahunnya, hal ini dikarenakan persediaan emas di dunia semakin sedikit sedangkan permintaan akan emas dari tahun ketahun selalu mengalami peningkatan.
3.      Bersertifikat
Jika anda mendapatkan emas dari pegadaian maka tidak perlu khawatir akan keasliannya, karena emas disana telah dilengkapi dengan sertifikat yang sah dari PT. Antam, tetapi sekarang pegadaian sudah menjualnya dengan disertai sertifikat pegadaian sendiri.
4.      Kredibel
Jika anda mencari tempat untuk investasi di Indonesia yang aman maka tabungan emas pegadaian bisa menjadi pilihan anda, pegadaian merupakan BUMN maka jika anda berinvestasi disana tidak perlu khawatir terkena tipu.
5.      Pembelian Emas Tunai Ataupun Kredit
Investasi Emas Antam yang disediakan oleh pegadaian dapat dimiliki oleh setiap kalangan, karena dapat dilakukan pembelian secara tunai dapat juga secara kredit. Pembayaran secara kredit dilakukan secara berkala dari mulai 3 bulanan sampai dengan 36 bulan.

Kekurangan Investasi Emas Pegadaian

Selain dapat memberikan keuntungan pada setiap investornya, investasi dengan produk tabungan emas dipegadaian juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan yang harus anda ketahui jika berivestasi emas di pegadaian, sebagai berikut :
1.      Mendatangi Kantor Cabang Langsung
Jika anda berminat untuk membuka tabungan emas di pegadaian, maka anda harus datang secara langsung ke pegadaian untuk mendaftar. Jangan lupa untuk membawa persyaratan yang diperlukan seperti KTP.
2.      Ketersediaan Emas Batangan
Dari dulu hingga sekarang melakukan investasi dengan emas batangan adalah sesuatu yang sangat digemari oleh para investor, hal ini dikarenakan investasi emas memiliki tingkat resiko yang rendah dan dapat memberikan keuntungan berkali lipat karena harganya yang tidak pernah turun. Hal ini menyebabkan ketersediaan emas di masyarakat menengah sangatlah minim.
3.      Adanya Biaya Administrasi
Ketika anda membuka rekening tabungan emas dipegadaian akan dikenakan biaya administrasi dengan besaran sekitar Rp. 10.000, kemudian untuk biaya penyimpanan emas selama belum lunas sebesar Rp. 30.000.
4.      Pembukuan
Jika anda telah menabung di pegadaian emas, kemudian telah mencapai gram tertentu dan anda ingin mencetaknya maka anda harus pergi ke kantor pegadaian dimana anda membuat rekening tabungan emas tersebut.

Teknik Investasi Emas

Selain berinvestasi emas di pegadaian, anda sebenarnya bisa melakukan investasi emas online maupun offline.

Investasi emas online dapat anda lakukan dengan mendaftar di situs situs terpercaya. Saran saya mendaftarlah di situs yang sudah memiliki reputasi tinggi seperti bukalapak. Jangan terpaku pada keuntungan besar yang ditawarkan.

Sementara itu, untuk investasi emas antam atau investasi emas batangan dapat anda lakukan dengan cara menabung emas. Anda bisa mengumpulkan emas dalam penyimpanan anda sendiri, lalu jual ketika harga sudah melambung tinggi.

Model ini digunakan oleh para pemula jaman dahulu. Kekurangannya, anda harus memiliki uang yang cukup untuk membeli emas.

Jalan lain adalah dengan menabung emas, cara ini lumayan efektif bagi mereka yang ingin mendapatkan emas. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, tabungan emas pegadaian menawarkan kepada anda kemudahan dalam memiliki emas dengan cara menkonfersikan uang anda menjadi gram emas. 

Menurut laporan yang dihimpun tim, dari target akhir tahun sebesar 1.062.000, investasi emas pegadaian di bulan agustus 2017 telah mencatatkan 98,1% dari target yaitu 1.041.000. keberhasilan tersebut tentu menjadi bukti bahwa investasi emas kini laris manis diburu oleh para penabung emas.

Nah, setelah adanya pemaparan mengenai investasi emas di pegadaian dari mulai kelebihan hingga kekurangannya, apakah sekarang anda berminat untuk berinvastasi emas