Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternak Murai Batu Beserta trik Sukses Menjodohkannya

Ternak murai batu merupakan kelanjutan artikel saya dengan tema usaha rumahan ternak burung. Murai batu sendiri merupakan salah satu jenis burung kicau yang tidak kalah diminati dari burung lain seperti kenari dan cucak rowo. Harga burung ini bervariasi anda bisa melihatnya di bawah ini :

Murai batu medan jantan                                                Rp 2.500.000,-
Murai batu medan betina                                                Rp 1.300.000,-
Murai batu medan trotolan hutan jantan                          Rp 1.950.000,-
Murai batu medan hutan dewasa                                    Rp 1.700.000,-
Murai batu medan siap ternak (sepasang)                       Rp 7.000.000,-
Murai batu lampung jantan                                             Rp 1.500.000,-
Murai batu lampung betina                                             Rp 1.000.000,-
Murai batu lampung siap ternak (sepasang)                    Rp 6.000.000,-
Murai batu MH Lampung                                              Rp 1.200.000,-
Murai batu dewasa hutan kalimantan                              Rp 450.000, - 500.000,-
Murai nias raja trotolan                                                  Rp 1.500.000,-
Murai batu nias trotolan                                                 Rp 1.250.000,-
Murai batu nias dewasa hutan                                        Rp 1.000.000,-
Murai nias gacor                                                           Rp 1.500.000, - 3.500.000,-
Murai air                                                                       Rp 250.000,-

Sumber : http://kicaukan.blogspot.com

Memang bukan jenis burung yang murah dan anda tentu harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk memulai usaha ternak burung murai batu ini. Olehkarena itu, sangat di sarankan untuk yang ingin memulai usaha ini, anda memiliki kesenangan atau hobi di bidang kicau burung ini agar anda lebih tekun dan mau melakukan apa saja untuk menjadikan usaha anda berhasil.

# CARA TERNAK MURAI BATU
Ternak murai batu hampir sama dengan cara ternak kenari maupun cucak rowo, anda harus memperhatikan langkah - langkah berikut ini :
1. Pemilihan Induk
Ini laih point pertama dan paling utama dalam memelihara burung murai batu medan. Untuk memilih indukan yang bagus, maka bisa anda lihat dari kesehatan burung tersebut. Anda akan mendapatkan burung yang lebih bagus lagi jika sudah pernah mengikuti kompetisi burung karena otomatis burung tersebut memiliki gen petarung. 




2. Penjodohan.
Sebelum anda satukan indukan burung tersebut dalam satu sangkar. Anda pisahkan dulu kedua burung tersebut di dua sangkar berbeda yang keduanya di tutupi sarung kandang. Biarkan ke dua burung tersebut saling berkicau dan saling menyahut satu sama lain. Jika kedua indukan tersebut sudah padu yaitu ditandai dengan menyatunya suara kicau mereka maka buka kerodong atau sarung kandang mereka namun jangan di satukan dalam satu kandang. 

Dekatkan kedua kandang pada jarak 4 m, jangan terburu - buru menyatukan mereka karena bisa saja induk jantan menyerang betina hingga terjadi kematian. Tunggu hingga sang jantan tertarik untuk mengawini betina yaitu ditandai dengan suara merdu sang jantan untuk menarik perhatian. Adapun sang betina jika sudah mengibaskan sayapnya atau menggoyang ekornya, maka telah siap kawin namun jika hanya dia saja maka induk betina tersebut mash belum siap kawin. 

Jika kedua Indukan sudah siap kawin, maka satukan mereka ke dalam satu kandang. Sebelum terjadi fase telur, sang jantan biasanya akan membangunkan sarang untuk sang betina. Telur yang di hasilkan biasanya 3 - 5 telur sekali masa bertelur. 

Analisa Usaha :
Usaha bisnis rumahan ini memang terbilang mahal, namun termasuk menguntungkan. Di lansir dari situs perhutani. Pendapatan dari penangkaran burung ini bisa mencapai 5 juta perbulan bahkan lebih tergantung skala usaha anda.

Dari usaha ini Adi Supriyanto (40) warga RT 1/RW 4 Desa/Kec. Sale Kab. Rembang mampu meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah. Antara permintaan dengan persedian masih sangat timpang sehingg usaha ini masih sangat potensial untuk anda kerjakan.

Dapatkan ide bisnis lain di dalam artikel di bawah ini

Kumpulan ide bisnis rumahan dan usaha sampingan

Untuk lebih detail tentang cara beternak burung ini, silahkan anda kunjungi omkicau. Semoga artikel Ternak Murai Batu Untuk Usaha Sampingan Di rumah dapat membantu anda yang sedang kebingungan mencari usaha sampingan untuk menambah penghasilan anda. Salam sukses bermanfaat.