Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Sampingan Budidaya Ikan Lele Yang Menggiurkan

Usaha sampingan budiaya lele sudah bukan barang baru  bagi masyarakat Indonesia. Usaha ini sudah banyak sekali di lakukan oleh para pebisnis, karyatan, guru dan hampir semua lapisan masyarakat banyak yang menjalankan ide bisnis ini. Selain karena cepat panen, usaha ternak lele juga memiliki keunggulan dari segi keuntungan. Keuntungan ikan lele bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah tiap bulan tergantung skala usaha.

Usaha sampingan ikan lele bisa jadi alternatif bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menjalankan bisnisa atau anda tidak memiliki modal lebih untuk membangun bisnis bernilai jutaan rupiah. Usaha ternak lele bisa di jalankan dengan berbagai variasi waktu, mulai dari pembenihan,penetasan, pembesaran hingga penjualan ikan lele konsumsi.

Alasan mengapa ikan lele sangat di gemari adalah selain harganya yang murah , rasanya juga lezat sehingga dapat di jadikan menu khusus seperti pecel lele dll. Oleh karena ikan ini sangat di gemari sehingga menjadikan permintaan ikan lele semakin meningkat dari tahun ketahun dan ini tentu menjadi salah satu peluang usaha sampingan yang sangat bagus untuk anda.

Ikan lele sendiri merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki bentuk khusus yang khas serta daging yang empuk, harga ikan lele untuk tingkat konsumsi sekitar 11.000 di tingkat konsumen dan ini sangat bagus untuk anda jika anda ingin meraup keuntungan dari bisnis ini.

Berikut analisa usaha Bisnis Ikan lele : 



Pemasukan
            Asumsi:
  • Terjadi kematian sebanyak 20 % sehingga ketika panen menghasilkan 8000 ekor dari 10.000 ekor benih yang di pelihata,
  • Apabila setiap ekor memiliki bobot 1 ons ( bobot terendah ) maka kita memiliki 800 KG ikan lele yang siap jual.
  • Apabila harga ikan lele konsumsi Rp. 11.000/ Kg maka perhitungannya adalah :

Pemasukan : 800 Kg X Rp. 11.000/ Kg = Rp. 8.800.000
Pengeluaran                                     = Rp. 7.000.000
Keuntungan                                     = Rp. 1.800.000

Jika anda ingin menghasilkan keuntungan yang lebih besar maka anda tinggal menambah jumlah ikan lele yang anda pelihara.

Jika anda merasa kekurangan modal maka anda bisa menjalankan bisnis rumahan ikan lele dengan kolam terpal dari ukuran penetasan hingga ke ukuran satu korek api dst. Modalnya sangat kecil dengan nominal kisaran ratusan ribu rupiah dan anda dapat menjualnya setiap sebulan sekali.

Demikianlah artikel Usaha sampingan budidaya ternak  ikan lele yang semog bermanfaat untuk anda.