Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemasaran Bisnis Rumahan Melalui Facebook, Baca Panduannya di sini

Bisnis Rumahan ~ Perkembangan sosial media memang luar biasa, dalam beberapa tahun terakhir ini, terdapat banyak sosial media baru yang lahir dan memiliki keunggulan masing - masing. Jejaring sosial seperti twitter, Path atau Google plus merupakan pesaing Facebook yang berusaha menggeser dominasi facebook. Namun, meskipun telah bermunculan banyak jejaring sosial media, kedigdayaan facebook masih belum bisa terkalahkan terlebih lagi setelah facebook membeli Instagram pada tahun 2012 dan WhatsAp pada februari 2014. 

Ekspansi bisnis yang dikembangkan oleh Facebook memang luar biasa, selain itu kokohnya Facebook dalam memuncaki persaingan sosial media tak lepas dari inovasi - inovasi yang terus mengiringi perjalanan facebook. Jika anda telah menjadi seorang pengguna Facebook bertahun - tahun tentu anda bisa membedakan betapa banyaknya inovasi yang dilakukan oleh facebook sejak kemunculannya 11 tahun silam. 

Dikutip dari situs Theverge.com , jumlah pengguna aktif Facebook per juni 2016 tiap bulannya mencapai 1,71 Milliar pengguna dan dari situs statista.com menyatakan bahwa facebook merupakan jejaring sosial paling tinggi penggunanya, data selengkapnya silahkan lihat diagram di bawah ini 


img src : http://www.statista.com/statistics/272014/global-social-networks-ranked-by-number-of-users/


Data di atas ditulis per 1 juta pengguna sehingga Facebook memiliki 1, 59 milyar pengguna sementara WhatsApp yang merupakan salah satu social media milik Facebook menduduki peringkat kedua dan untuk twitter ternyata hanya memiliki 320 juta pengguna aktif ( rilis April 2016 )

Data di atas tentunya merupakan bukti bahwa facebook merupakan jejaring sosial paling sukses di dunia dengan nilai pendapatan hingga 6,44 milliyar dolar. 

Inovasi facebook yang semakin canggih serta bertambah banyaknya jumlah pengguna ternyata dipandang mampu untuk meningkatkan penjualan produk. Mulai dari perusahaan internasional hingga produk UKM mulai dijajakan di Facebook. Adanya fitur iklan, grup dan fanspage terbukti mampu mendongkrak penjualan.

Bagi para pemula. biasanya pemasaran melalui facebook dilakukan hanya dengan menggunakan akun sendiri atau akun klonengan yang nantinya dipromosikan melalui dinding pribadi maupun ke grup - grup. Namun, sudahkah cara ini efektif bagi penjualan produk? Nyatanya banyak yang gagal dalam mendapatkan pembeli karena mereka belum paham dengan sistem algoritma facebook. Lebih parahnya kemudian mereka menjual hasil bisnis rumahan dengan melakukan spaming ke grup - grup facebook atau tag akun orang lain tanpa izin. 

Untuk itulah, dari artikel ini akan saya tuliskan beberapa trik pemasaran via facebook yang terbukti mampu mendongkrak penjualan hasil bisnis rumahan anda. Namun demikian, untuk hasil tentu tergantung beberapa faktor diantaranya adalah ketekunan dalam berpromosi anda.

Sebelum anda membaca lebih jauh mengenai pemasaran online untuk bisnis rumahan melalui facebook, ada baiknya anda baca artikel pendahuluan di bawah ini :

cara pemasaran melalui facebook 


Beberapa hal yang perlu anda ketahui adalah :

Pentingnya memahami algoritma facebook.

Algoritma Facebook merupakan penentu bagaimana facebook menampilkan post - post pada newsfeed pengguna facebook. Jika anda perhatikan di beranda anda, terdapat kiriman - kiriman dari kawan - kawan facebook anda yang tampil di beranda anda. Mengapa status atau postingan teman - teman facebook bisa hadir di beranda anda merupakan sistem algoritma yang mengatur post mana yang akan tampil di beranda anda. 

Di dalam mesin pencarian Google, saat anda mengetikan sesuatu yang sedang anda cari. Maka secara otomatis Google akan menampilkan beberapa situs yang memuat artikel yang anda cari. Meski ada ribuan artikel yang membahas masalah yang sama, yang akan keluar di halaman pertama hanyalah 10 artikel, lalu bagaimana Google memilih 10 hasil pencarian teratas? itulah algoritma Google. 

Secara dasar, algoritma Facebook pun berfungsi untuk menyaring dari ribuan post yang di posting oleh ribuan teman Facebook untuk bisa tampil di akun seseorang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana algoritma facebook berjalan agar post kita tampil di newsfeed teman facebook kita. 

Lalu faktor apa saja yang mempengaruhi Algoritma Facebook agar promoasi atau posting produk kita bisa tampil di beranda kawan? Simak penjelasannya di bawah ini :

Teknik Pemasaran Online Via Facebook Dengan Beternak Akun

Salah satu trik untuk meningkatkan penjualan dengan facebook marketing adalah dengan memperbanyak akun sehingga akan lebih banyak kawan facebook yang membaca iklan produk kita. Cara ini gratis dan dapat dilakukan oleh siapapun. Caranya cukup Mudah yaitu dengan cara membuat akun palsu / akun klonengan. 

Bisa anda hitung jika dari 1 akun anda bisa mendapatkan 5000 pertemanan maka jika anda memiliki 10 akun klonengan, maka anda bisa memiliki 50.000 teman facebook. Dari sekian banyak pertemanan, peluang posting anda dibaca katakanlah 10 persen maka setidaknya post anda akan dibaca oleh 5000 orang. Semakin banyak akun maka akan semakin banyak post yang tersampaikan kepada para pengguna facebook. Tidak heran jika kemudian muncul jasa pembuatan akun klonengan tertarget. Pembahasan ini akan saya bahas dalam satu artikel lain tentang pemasaraan online.

Selain dari dua judul pembahasan di atas, ada beberapa artikel yang akan saya tulis untuk memudahkan anda dalam melakukan facebook marketing. Di antaranya adalah : 
  1. Pemasaran Bisnis Rumahan Melalui Grup
  2. Teknik Jitu Pemasaran Online Via Fanspage
  3. Rahasia Sukses Promosi Via Iklan Facebook
  4. Fitur Keren untuk Pemasaran Bisnis Melalui Facebook
  5. Tool Gratis Untuk Meningkatkan Pengunjung Facebook anda

Silahkan klik link - link di atas, dan perhatikan setiap penjelasannya. JIka anda melaksanakannya secara tekun maka bukan tidak mungkin penjualan usaha rumahan anda akan naik berlipat - lipat. Postingan ini akan kami update secara berkala dan jangan lupa bookmark situs ini serta bagikan post ini agar keberkahan usaha anda semakin besar.