Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Modal Kecil Love Bird Untuk Hasilkan Keuntungan

Peluang Usaha Modal Kecil Love Bird adalah salah satu usaha bidang peternakan uanggas yang kini banyak di gemari oleh peternak burung khususnya untuk mereka yang memiliki hobi memelihara burung. Love Bird atau yang sering di sebut burung cinta adalah salah satu burung jenis kicau yang memiliki bulu indah dan memiliki sifat khas yaitu setia kepada pasangannya. Permintaan akan burung ini semakin meningkat sehingga terpaksa harus mengimport dari luar negeri. 

Burung Love bird  sejatinya merupakan burung yang berasal dari jenis Agapornis yang berasal dari bahasa yunani yang berarti burung cinta.  Burung ini memiliki ciri khas yang unik yaitu setia kepada pasangannya dan tidak mau di kawinkan dengan cara paksa sehingga tidak heran burung ini disebut dengan love bird atau burung cinta. Love bird sendiri memiliki ukuran bentuk tubuh kecil antara 13-17 cm dengan berat sekitar 40 Gr - 60 Gr. Penggemar burung biasanya memelihara burung ini karena keindahan bulu atau suara kicauannya yang merdu. Selain itu juga sebagai salah satu jenis peluang usaha yang sangat potensial untuk di jalankan.

Peluang Usaha Modal Kecil Love Bird Untuk Hasilkan Keuntungan

Burung kicau ini, seperti yang telah saya sebutkan diatas tidak mau dikawinkan dengan cara paksa sehingga cara yang efektif adalah dengan melakukan perkawinan masal. Caranya adalah dengan mencampurkan burung - burung dalam satu kandang dalam jumlah banyak. Nantinya, burung burung yang cocok akan sering bersama, setelah itu baru pisahkan pasangan tersebut di dalam satu kandang khusus untuk kemudian di ternakan untuk menghasilkan anakan burung love bird. Untuk memulai peluang usaha ini anda harus tahu dahulu perbedaan antara pejantan dan betina. 

Cara membedakan antara pejantan dan betina dapat dilakukan dengan meraba capit udang yang berada di dekat dubur burung tersebut. Jika capit udang tersebut lancip, keras dan rapat maka burung tersebut besar kemungkinan adalah jantan. Sementara itu apabila capit udang lembek, lebar dan tumpul maka kemungkinannya burung cinta tersebut berkelamin perempuan. Untuk memulai peluang usaha ternak love bird anda harus menyiapkan kandang induk yang di buat dengan balok setebal 2 cm dan ukuran 40 cm x 80 cm x 40 cm. 

Umur ideal burung love bird yang dapat dijadikan sebagai indukan adalah umur diatas 10 bulan hingga mencapai umur 2,5 bulan. Setelah umur 3 tahun, biasanya kualitas anakan akan menurun pun jika usia indukan terlalu muda maka akan menghasilkan anakan yang kurang berkualitas. Burung ini dapat hidup hingga 10 tahun. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari peluang usaha ini, tempatkanlah kandang indukan di tempat yang teduh dan jauh dari kebisingan untukmenghindari stress yang terjadi pada burung tersebut, selain itu, asupan pakan yang bergizi juga sangat mempengaruhi kualitas burung. Salah satu adalah dengan memberi makan jagung muda serta dapat pula mencampurkan bahan bahan seperti milet merah, putih, kenari seed, gabah dan kuaci dengan perbandingan  2:1:1:1:0.5 . 

Untuk menjaga agar burung anakan tidak mati, maka lakukan usaha pembersihan kandang dengan menggunakan disinfektan setiap  2 bulan sekali. Selain itu, jaga agar kandang aman dari serangan tikus karena tidak jarang tikus memakan anakan burung lovebird. 


Analisa Peluang Usaha Modal Kecil Love Bird Untuk Hasilkan Keuntungan



Sebagai pertimbangan usaha, saya hadirkan analisa usaha peluang bisnis burung love bird. 


Peluang Usaha Modal Kecil Love Bird Untuk Hasilkan Keuntungan
sumber : idepeluangusaha.com


Bagaimana? apakah anda tertarik? semoga saja dengan pembahasan mengenai peluang usaha ternak burung love bird diatas dapat memberikan inspirasi bisnis untuk anda khususnya untuk anda yang memiliki hobi memelihara burung. Semoga saja artikel diatas bermanfaat salam sukses dan salam UKM.