Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Terbaru

Contoh surat lamaran kerja menjadi prasyarat resmi dalam mendapatkan pekerjaan. Untuk dapat melamar pekerjaan di perusahaan yang telah bonafite, lamaran pekerjaan menjadi kelangkapan utama yang berisi permohonan untuk dapat menempati satu posisi pekerjaan sesuai dengan skill atau kemampuan si pelamar. Meskipun surat lamaran pekerjaan sangat lah penting, dan terlihat sederhana karena biasanya hanya terdiri dari satu halaman kertas HVS bergaris, ternyata tidak semua orang bisa membuat lamaran pekejaan.

Mengingat hal tersebut diatas, setelah pada beberapa postingan saya telah memberikan contoh cv untuk melamar pekerjaan, sekarang saya ingin memberikan kepada anda contoh surat lamaran kerja yang semoga dapat bermanfaat untuk anda. Namun sebelumnya, ada baiknya anda membaca bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar agar nantinya anda dapat mendapatkan nilai plus dari perusahaan yang anda lamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Terbaru
blogs.usyd.edu.au


  • Gunakan tulisan tangan
Meski kini komputer telah menguasai berbagai bidang termasuk dalam hal menulis, nyatanya banyak sekali perusahaan yang lebih menginginkan lamaran kerja dengan tulisan tangan daripada tulisan dari mesin printer. Hal ini terkait dengan proses penilaian psikologi pelamar. Di beberapa perusahaan, tulisan tangan dapat menunjukan sifat atau karakter dari si penulisnya. Dalam bahasa psikologi, hal ini disebut dengan grafologi. Namun, anda tidak perlu risau. Asalkan tulisan anda rapi maka nilai plus tulisan sudah anda dapatkan.
  • Tulisan Singkat
Dalam menuliskan contoh surat lamaran kerja, usahakan untuk singkat,padat dan jelas. Jangan terlalu banyak menambah kata kata tidak penting yang tidak diperlukan. Langsung saja ke point pointnya. Anda tentu tahu bahwa dalam pendaftaran karyawan baru, pihak perusahaan mempercayakan kepada beberapa orang yang biasanya berposisi sebagai manajer personalia bisa menghadapi lamaran kerja hingga ratusan bahkan ribuan. Mereka tentu akan sangat malas untuk membaca lamaran kerja yang terlalu panjang dan lagi tulisan panjang akan membuat anda terlihat tidak profesional.
  • Bahasa baku
Gunakanlah bahasa baku karena dengan menggunakan bahasa baku, maka anda akan terlihat lebih berilmu dan berpendidikan. Jangan menggunakan kata - kata gaul atau kosakata yang tidak sesuai dengan EYD. Usahakan untuk memperhatikan besar kecil huruf dan tanda baca. Dengan begitu, contoh surat lamaran kerja anda akan semakin sempurna.
  • Lengkap
Dalam surat lamaran pekerjaan biasanya akan menampilkan :
  1. Data diri
  2. kelengkapan dokumen seperti ijazah, KTP, Photo dll.
Untuk menambah nilai anda, usahakan untuk menulis secara lengkap dokumen dan sertifikat yang anda miliki agar pihak selektor tertarik dengan anda.

Dari pemaparan diatas maka anda bisa membuat contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Adapun contoh - contoh surat lamaran pekerjaan dapat anda lihat dibawah ini :

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Terbaru


Contoh Surat Lamaran Kerja versi 1



Purwokerto, 21 Januari 2013

Kepada Yth :
HRD PT SUARA SUKSES
Jl. Kol Supratman No. 12 Purwokerto Banyumas



Perihal : Lamaran kerja



Dengan Hormat



Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Harian Radar Banyumas perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :



Nama                          : Jami'atur Rahmah
Tempat,Tanggal Lahir : Banyumas, 12 Mei 1991
Alamat                        : Desa Karang Bawang Purwokerto Timur No 12 Banyumas

Telepon                       : 0896767876


sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, bersama ini saya lampirkan pula berkas - berkas sebagai berikut :



1.Pas Photo Berwarna 3 x4 1 lembar.
2.Foto copy KTP 1 lembar
3.Curriculum Vitae 1 lembar
4.Foto copy Ijazah Pendidikan Terakhir 1 lembar
5.Foto copy Sertifikat Competensi



Demikian surat lamaran ini saya susun dan saya sampaikan.Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu  saya sampaikan terimakasih.




Hormat saya




Jami'aturahmah


Contoh Surat Lamaran Kerja versi 2



Bekasi, 22 Maret 2013

Kepada Yth :
Manager Personalia PT Maju Terus Pantang Mundur
Jl. Kol Supratman No. 12 Bekasi Timur



hal : Lamaran kerja



Dengan Hormat,



Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari PT Multi Guna Information yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak / Ibu sedang mengalami kekosongan tenaga kerja di bagian Marketing. Oleh karena itu, saya mengajukan lamaran pekerjaan guna mengisi posisi yang dibutuhkan tersebut. Berikut ini identitas diri saya :



Nama                          : Jhadiatur Rofi'ah
Tempat,Tanggal Lahir : Bekasi, 1 Juli 1990
Alamat                        : Kelurahan Bekasi Raya kecamatan bekasi Timur   Bekasi

Telepon                       : 089879874383


Unttuk melengkapi lamaran pekerjaan yang saya ajukan dan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu , bersama surat lamaran kerja ini saya lampirkan pula beberapa kelengkapan dokumen diantaranya:



1.Pas Photo Berwarna 3 x4 1 lembar.
2.Foto copy KTP 1 lembar
3.Daftar Riwayat Hidup 1 lembar
4.Foto copy Ijazah Pendidikan Terakhir 1 lembar
5.Foto copy Sertifikat Kursus 



Demikian surat lamaran ini saya  saya sampaikan. Besar Harapan saya agar Bapak / ibu dapat mempertimbangkan permohonan saya tersebut diatas. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu  saya sampaikan terimakasih.




Hormat saya




Jhadiatur Rofi'ah

Contoh Surat Lamaran Kerja versi 3


Lampung Barat, 22 Juli 2012
Kepada Yth :
Direktur PT. Mutiara Jaya,
Jl. Durian Runtuh Desa Pager Aji No. 12 Lampung Barat 


Dengan hormat,
yang bertandatangan di bawah in :
Nama                         : Novaria Nafisa
Tempat, Tgl. Lahir      : Lampung, 22 Desember 1989
Alamat                       :Jl. Durian Naik Desa Nungarang Lampung Barat 
No. Telp/HP               : 081712345678
Pendidikan Terakhir    : S1 Akuntansi

Dengan ini saya ingin mengajukan permohonan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin untuk mengisi kekosongan formasi di perusahaan Bapak / Ibu.

Saya memiliki kondisi kesehatan yang bagus. Saya memiliki kemampuan desain web dan grafis serta kemampuan office seperti excel. Ms. WOrd, Powerpoint, Outlock, Acces, dan kemampuan komputer di bidang pemrograman. Selain itu saya juga memiliki kemampuan bahasa inggris baik speaking, listening, reading serta writing. Saya memiliki integritas dan loyalitas serta semangat kerja yang tinggi.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan pula beberapa berkas sebagai berikut :

1. Pas Photo berwarna 3 x 4 1 lembar
2. Foto copy Ijazah terakhir 1 lembar
3. Foto copy KTP
4. CV / Daftar Riwayat Hidup
5. Foto copy sertifikat kursus komputer
6. Foto copy sertifikat kemampuan bahasa inggris TOEFL




Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya sampaikan, Besar harapan saya bapak / ibu pimpinan dapat mempertimbangkan permohonon saya untuk diterima di perusahaan yang bapak / ibu pimpin. Atas atas perhatian Bapak / Ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya




Novaria Nafisa


Demikaianlah contoh surat lamaran kerja yang semoga dapat bermanfaat bagi anda. Ada baiknya contoh surat lamaran kerja tersebut selalu dilampirkan contoh cv atau daftar riwayat hidup untuk melihat contoh cv bisa anda lihat di bawah ini :



Meskipun di dalam syarat kelengkapan hanya ada contoh cv tanpa memasukan contoh surat lamaran kerja sebagai syarat namun sangat dianjurkan anda tetep melampirkan surat lamaran kerja seperti yang telah saya tulis di artikel 
Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Terbaru. Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga sukses.