Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Usaha Ternak Untuk Bisnis Sampingan Di Rumah

Peluang Usaha Rumahan di bidang peternakan acapkali di pandang sebagai usaha yang yang penuh resiko dan rumit. Hal ini memang tidak dapat di salahkan mengingat usaha rumahan di bidang peternakan membutuhkan mothering skill atau keampuan untuk menjadi seorang ibu dari hewan yang di ternakkan. Kemudian lebih lajut, peternakan memiliki kelemhan yaitu reiko kematian yang seringkali menghantui para peternak. Namun, jika anda bisa mengatasi kelemahan ini, bukan tidak mungkin anda akan menjadi orang sukses kaya raya seperti para pengusaha dibawah ini :

1. Andi Nata
Anda Nata berusia sekitar 24 Tahun. ia merupakan contoh pengusaha muda yang sukses mengembangkan bisnis peternakan domba. Memulai usaha dari tahun 2008 dengan modal awal 8 juta yang ia dapatkan dari haril pinjaman kepada kerabatnya. Ia membeli 4 ekor kambing betina dan 1 kambing jantan.

Peluang Usaha Rumahan
digitalforum.com

Berkat kerja kerasnya, kini ia dapat meraup keuntungan hingga puluhan juta perbulan. Perjalanan bisnisnya tentu mengalami berbagai kendala mulai dari rugi jutaan rupiah karena di tipu teman petani, kambing yang mati dan banyak lagi kendala lain. Namun, berkat kerja kerar yang tanpa menyerah, Andi Nata menjadi pengusaha sukses yang kaya dari hasil peternakan.

2. BOB SADINO
Untuk nama pebisnis yang satu ini memang sudah tidak asing lagi. Pebisnis yang kaya raya namun selalu berpenampilan sederhana bahkan di anggap eksentrik ini, memulai bisnis nya dari seorang supir mobil. Karena frustasi dengan kehidupannya, salah satu kawannya menyarankan Bob untuk memelihara ayam. Alih - alih hanya untuk pengalihan pemikiran, Bob sadino justru mengembangkan bisnisnya hingga berhasil memiliki berbagai bidang usaha.
Peluang Usaha Rumahan Di Bidang Ternak
swa.co.id

Bisnis ala orang bodoh, itulah jargon yang sering di katakan oleh Bob sadino. jangan terlalu lama berfikir karena hanya akan menghambat kita dalam melakukan kegiatan. Orang cerdas dengan title yang tinggi justru gagal dalam berbisnis karena terlalu banyak ilmu sehingga terlalu banyak pertimbangan sehingga menjadi lambat bahkan tidak mau bergerak. 

Pengusaha - pengusaha di atas merupakan dua dari banya pengusaha yang sukses membangun bisnis rumahan mereka di bidang peternakan. Karena mereka tahu, apapun yang di hasilkan dari peternakan, asal bisa hidup dan memiliki kualitas yang baik, maka bisa di jadikan uang dan kekayaan.

Saya tidak akan menyebutkan ide bisnis rumahan di bidang peternakan. karena jika saya sebutkan maka akan terlalu luas pembahasannya. Untuk itu, di sini akan saya tulis trik dan cara memulai bisnis peternakan agar anda bisa sukses dalam meraih kekayaan di bidang peternakan.

1. Kenali Daerah Anda
Hewan memiliki habitat idealnya masing - masing. Secara extrem saya misalkan dengan pinguin. Jika anda hendak memelihara pinguin di daerah Jawa terlebih daerah dataran rendah dengan iklim tropis maka saya jamin anda akan sangat sulit dalam melakukan proses pemeliharaan. Dan saya yakin anda tidak sebodoh itu untuk melakukannya.

Kenalilah habitat hewan ternak tersebut kemudian coba anda lihat daerah anda cocok atau tidak dengan kultur daerah anda, cuaca dan lain sebagainya. Jika anda mencari hewan ternak yang akan dijadikan bisnis rumahan dengan berpacu pada aturan ini maka anda akan lebih mudah sukses karena anda tidak akan mengalami resiko kematian yang besar.

2. Teruslah Belajar dengan Berguru langsung
Proses belajar harus terus di jalankan meskipun anda sudah mahir. Dengan berbagai tekni yang semakin di sempurnakan, maka kemungkinan untuk sukses di bidang peternakan akan menjadis emakin terbuka lebar. Jangan hanya berguru kepada buku atau internet. Coba anda pelajari ilmu peternakan dari mereka yang sukses di bidang peternakan. Anda tidak perlu mencari sorang sarjana peternakan, yang perlu anda cari adalah siapapun yang bisa anda jadikan teladan untuk usaha ternak anda.

3. Kelola keuangan dengan baik
kebanyakan jenis ternak, biaya pakan merupakan biaya terbesar yang harus di keluarkan. Untuk itu, jangan biarkan anda terus merugi karena biaya pakan. Kelola uang anda dengan baik.. jangan terlalu serakah ingin memelihara hingga jumlah yang banyak namun kemudian anda kesulitan dalam memberi pakan.

Perhiutngkan masak - masak segala biaya yang nantinya anda perlukan terlebih pada pakan. Lebih baik anda memelihara dalam jumlah sedikit dahulu sehingga kebutuhan pakan dapat terpenuhi daripada memelihara banyak hewan ternak namun kemudian anda kekurangan pakan sehingga hewan ernak anda kurus bahkan mati.

4. Perbanyak Jaringan
Ada kalanya ketika hewan ternak anda sudah siap jual ternyata belum ada pedagang yang anda kenal untuk dapat menerima hewan anda. Perbanyaklah jaringan dengan banyak pedagang hewan, pengepul maupun pihak - pihak yang sekiranya berkaitan dengan bisnis anda. Agar nantinya anda tidak kebingungan dalam menjual barang ternak anda.

Saya kira alasan - alasan yang paling dominan yang membuat orang takut dalam memulai bisnis peternakan adalah resiko kematian. Untuk itu, cobalah anda lakukan hal - hal diatas sehingga anda akan dapat mengantisipasi dan mencegah berbagai kemungkinan yang menyebabkan kematian pada hewan ternak anda.

5. Fluktuasi harga pakanJika selama ini anda mengandalkan pakan yang tersedia di pasaran. Anda mungkin paham bahwa harga paham sering kali fluktuatif bahkan cenderung terus meningkat. Hal tersebut bisa menjadi kendala tersendiri bagi para peternak. Harga jual peternak tidak mudah untuk naik sementara biaya pakan terus menanjak yang mengakibatkan margin semakin tipis. Belum lagi permasalahan stok pakan yang terkendala.

Oleh karena itu, cobalah untuk memanfaatkan pakan alami atau membuat pakan sendiri. Peternak di Banyumas contohnya mulai mempaktikan ternak lele dengan pakan alami di tambah pakan pelet yang diproduksi sendiri dengan racikan yang di dapat di pasar rakyat. Selain menekan biaya produksi, kita tidak takut lagi kekurangan pakan ternak untuk gembalaan kita.
Demikian artikel Peluang Usaha Rumahan Di Bidang Ternak yang dapat saya suguhkan untuk anda . Semoga bermanfaat dan salam sukses bermanfaat.