Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Usaha Rumahan Jualan Pulsa Yang Mudah

Salah satu jenis usaha rumahan yang paling mudah di lakukan adalah dengan berjualan pulsa. Jika anda berkeinginan untuk membuka usaha jualan pulsa, mungkin anda memilih karena kemudahannya adlam menjalankan usaha. Namun, ada baiknya anda membaca analisa usaha bisnis jualan pulsa berikut ini.

Bisnis pulsa memang booming seiring dengan penggunaan Handphone yang semakin meluas. Hampir di semua lapisan masyarakat, handphone bukan lagi barang asing. handphone menjadi barang yang lazim di gunakan baik kalangan bawah maupun kalangan elit. Dengan perkembangan teknologi informasi ini, membuat pulsa semakin di butuhkan. Dan tentunya membuat para penjual pulsa semakin bersemangat untuk menjual pulsa baik sebagai usaha rumahan utama maupun usaha sampingan.

Usaha Rumahan Jualan Pulsa

Jualan pulsa bisa anda jalankan dengan dua model bisnis yaitu :

1. Counter Pulsa 
Untuk model jenis bisnis ini anda membutuhkan satu ruangan khusus yang bisa anda gunakan untukberjualan. Jika anda telah memiliki warung atau ruko, anda tinggal menambahkan ruangan atau menata ulang barang dagangan anda agar bisa disisipi barang - barang untuk berjualan pulsa. Jika belum, anda perlu membuat warung kecil atau ruko kecil untuk menjual pulsa.

Model bisnis ini memiliki keuntungan yaitu anda bisa menjual barang lain selain pulsa semisal kartu perdana, kartu internet atau aksesoris HP bahkan barang lain yang tidak ada hubungannya dengan dunia Handphone. Namun, tentu anda perlu merogoh kocek lebih dalam karena anda harus menyiapkan modal untuk membuat ruko. Saran saya jika anda hanya membuka counter pulsa kecil - kecilan, jangan menyewa tempat khusus hanya untuk menjalankan bisnis ini kecuali anda memiliki program jualan dalam skala usaha besar sekalian.

Usaha Rumahan jualan pulsa meskipun mudah memiliki kelemahan pada kecilnya keuntungan. Satu kali transaksi biasanya hanya mendapatkan keuntungan maksimal Rp. 1.000/ transaksi. Anda akan kaya jika anda bisa melakukan transaksi lebih minimal 100 transaksi. Namun, 100 transaksi bukan angka yang kecil jika anda hanya membuka usaha pulsa kecil - kecilan. Biasanya yang terjadi adalah gulung tikar. So, untuk mengakalinya, para penjual pulsa rumahan biasanya tidak hanya menjual pulsa namun juga kartu perdana, HP baru / second dan aksesoris HP. Ini berarti anda harus mempersiapkan modal lebih besar.

2. Counter Berjalan

Peluang Bisnis Rumahan ini tidak memerlukan tempat khusus. Tidak memerlukan sarana lain kecuali HP yang telah anda miliki. Bisnis pulsa jenis ini merupakan saingan dari model bisnis jual pulsa jenis pertama. Yang terjadi, bisnis pulsa yang di tempatkan di warung atau ruko berkurang pelanggannya karena bisnis ini. 

Keuntungan bisnis ini terletak pada kemudahan dan minimnya modal. Sehingga bagi seseorang yang hanya memiliki modal Rp. 100.000,- langsung bisa menjalankan bisnis ini. Kelemahannya, model jualan pulsa seperti ini riskan hutang - piutang. Jika anda tidak pintar dalam mengakali mengakalinya, uang anda akan tertahan karena banyaknya pulsa yang tertahan dengan bayaran tempo atau ngutang dulu. 

Tidak hanya itu, anda juga harus rela berkeliling menagih uang pulsa anda. Dan pekerjaan menagih terkadang menjadi pekerjaan yang menyebalkan terlebih jika yang di tagih adalah orang yang tidak tahu diri. Mempermasalahkan uang yang hanya kisaran ribuan. 

Dari kedua jenis bisnis diatas, cocok untuk anda jadikan sebagai usaha sampingan. Agar anda bisa sukses dalam menjalankan bisnis ini. Lakukan riset lokasi. Lihat lah persaingan di tempat yang ditarget dan carilah agen pulsa yang memiliki harga paling murah agar keuntungan anda semakin besar. 

Saya kira cukup demikian artikel Analisa Usaha Rumahan Jualan Pulsa Yang Mudah. Semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih atas kunjungan anda. Salam sukses sejahtera.